Assalamu 'alaikum Wr.Wb ,  welcome  |  Log in  |  Blog Nabila Rahma on Mobile  |  need help ?

Membuat Peraturan bagi si Kecil

Ditulis oleh Nabila Rahma on 24 November 2011 | Kamis, November 24, 2011

Membuat peraturan bagi anak anda merupakan bagian mendasar dari usaha untuk mendisiplinkan anak.

Dalam membuat peraturan untuk anak, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu anda harus tahu dengan jelas apa konsekuansi yang akan dihadapi oleh anak anda saat ia melanggar peraturan tersebut.Yang terpenting, pastikan bahwa anda dan suami telah sepakat akan peraturan  dan konsekuansinya tersebut. Untuk itu dibutuhkan waktu khusus bagi anda dan suami untuk membicarakan tentang hal ini.

Peraturan yang anda buat untuk si kecil sebaiknya bisa bersifat luas dan meliputi segala situasi,misalnya: tidak boleh berbohong, selalu menghormati orang yang lebih tua, tidak boleh ngambek, tidak boleh bertengkar dengan saudara, tidak boleh berteriak saat bicara, dan sebagainya.

Konsekuensi yang anda berikan jika si kecil melanggar peraturan tersebut pun harus jelas dan setimpal dengan pelanggaran yang dibuat. Jangan buat konsekuansi yang terlalu kejam untuk dijalani anak anda. Anda hanya cukup memberinya pelajaran agar tidak mengulangi kesalahannya lagi.

Bersungguh-sungguh dengan peraturan yang anda buat Kebanyakan orangtua melakukan kesalahan dengan meberlakukan hitungan satu...dua...tiga... saat hendak menghukum anaknya yang melakukan kesalahan. Padahal dengan anda melakukan hal demikianjustru akan mengajarkan pada anak anda bahwa anda tidak sungguh-sungguh ingin menghukumnya hingga hitungan terakhir.

Kesalahan lainnya yaitu saat anda mengatakan "Mama gak mau bilangin adek lagi" atau "Ini terakhir kalinya mama peringati kamu" dan semacamnya. Perkataan tersebut justru akan membuat anak anda berfikir bahwa anda pembohong. Jangan terjebak pada kata-kata tersebut, karena kata-kata anda tidak akan berarti banyak jika tidak benar-benar anda lakukan.

Seringkali anda juga mengajarkan pada si kecil bahwa peringatan anda tidak serius sampai anda benar-benar menaikan volume suara anda. Karena nantinya yang anak anda patuhi adalah volume suara anda dan bukan peringatan anda.


Metode dalam menetapkan peraturan
Dalam menetapkan peraturan untuk mendisilplinkan si kecil, beberapa metode dibawah ini layak anda pertimbangkan:


1. Tulis peraturan anda beserta konsekuansinya diatas selembar kertas, dan tempelkan di lemari es atau tempat-tempat strategis yang pasti bisa dilihat anak anda.

2. Ajak anak anda untuk memahami peraturan tersebut dan konsekuansinya. Pastikan bahwa ia mengerti peraturan yang anda buat.
   Mintalah kesediaannya untuk berkata jujur jika ia melanggar salah satu peraturan tersebut, serta mau menerima konsekuensinya.

3. Saat anda menemukan anak anda melanggar peraturan, ajaklah ia membaca kembali peraturan tersebut, dan ingatkan padanya kewajiban konsekuensi yang harus dijalaninya karena melanggar peraturan.

4. Buatlah ia berfikir bahwa konsekuansi yang mereka harus terima bukanlah karena anda, tapi disebabkan pelanggaran yang dibuatnya sendiri.

5. Lakukan cara-cara diatas tanpa berteriak, menarik, membentak, ataupun mengancam. Anda cukup membimbing mereka ke kertas perturan sehingga mereka sadar sendiri kesalahan yang telah mereka buat dan apa konsekuensi yang harus mereka jalani. Jangan mengancam, karena ancaman hanya akan menakuti anak anda dan membuat mereka takut kepada anda, tanpa membuat mereka jera.
( Sumber:http://www.belibu.com/rubrik-hari-ini/1119/membuat-peraturan-bagi-si-kecil )

By na-ra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi kolom komentar Anda dibawah

Kata Pak Mario Teguh

Kata Pak Mario Teguh