Assalamu 'alaikum Wr.Wb ,  welcome  |  Log in  |  Blog Nabila Rahma on Mobile  |  need help ?

Kenali Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3 – 5 Tahun

Ditulis oleh Nabila Rahma on 04 November 2012 | Minggu, November 04, 2012

Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3 – 5 Tahun

Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin. Seperti, bermain puzzle, menyusun balok, memasukan benda ke dalam lubang sesuai bentuknya, membuat garis, melipat kertas dan sebagainya. Kecerdasan motorik halus anak berbeda-beda. Dalam hal kekuatan maupun ketepatannya. perbedaan ini juga dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulai yang didapatkannya. Biasanya anak dengan motorik kasar yang sangat baik mempunyai kelemahan dan ketifdak optimlan dalam motorik halus.

Genetik atau bakat alamiah merupakan faktor utama dalam menentukan kemampuan motorik seorang anak. Sedangkan faktor Lingkungan (orang tua) merupakan faktor penujang dalam kecerdasan motorik halus anak. Lingkungan dapat meningkatkan ataupun menurunkan taraf kecerdasan anak, terutama pada masa-masa pertama kehidupannya.

Keterampilan motorik halus adalah gerakan-gerakan yang melibatkan jari, tangan dan pergelangan tangan, dan membantu bayi belajar untuk mengasah keterampilan dapat menjadi sederhana dan menyenangkan untuk bayi dan orang tua. Beberapa
Sebuah wilayah alami untuk membangun keterampilan motorik halus adalah di kursi tinggi. Memberikan anak-anak kecil, biasanya sekitar sembilan sampai sepuluh bulan, jari makanan berbentuk sereal, atau makanan lain yang serupa adalah cara yang bagus untuk bayi untuk berlatih pemahaman awal pincher mereka dan membangun makanan baru ke dalam diet mereka pada waktu yang sama. Pegang pincher adalah ketika bayi menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sama untuk memegang benda.

Pada waktu mandi, biarkan bayi dan balita bermain dengan kontainer kosong untuk menuangkan berbagai dan menumpahkan air. Hal ini mendorong mereka untuk menggunakan tangan itu dan menjelajahi dunia di sekitar mereka. Pastikan untuk menggunakan kotak ukuran yang berbeda, dan mungkin beberapa dengan lubang untuk penyiraman.

Kemudian keluar dari bak mandi, mengambil beberapa dari mereka wadah yang sama dan menunjukkan bayi bagaimana menumpuknya, atau mengisinya dengan benda-benda yang lebih kecil dan membuang isinya ke yang berbeda. DonÂ’t memaksakan aturan, hanya memodelkan beberapa ide dan biarkan bayi pergi.

Kadang-kadang anda membutuhkan mainan untuk bermain dan mengembangkan keterampilan motorik halus. Seni dapat membantu dalam membangun keterampilan motorik halus. Ketika berpakaian bayi, tetapi biarkan bayi membantu Anda dengan mendorong dia untuk jari meronta gratis melalui lengan atau untuk tujuan senjata ke lengan. Biarkan bayi melepas kaus kaki, dan pergi ke depan dan menempatkan mereka kembali. ktifitas itu mengembangkan keterampilan motorik halus dan bayi sepertinya tidak pernah mendapatkan cukup bermain.

Setiap anak mampu mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal asal mendapatkan stimulasi tepat. Di setiap fase, anak membutuhkan rangsangan untuk mengembangkan kemampuan mental dan motorik halusnya. Semakin banyak yang dilihat dan didengar anak, semakin banyak yang ingin diketahuinya. Jika kurang mendapatkan rangsangan anak akan bosan. Tetapi bukan berarti anda boleh memaksa si kecil. Tekanan, persaingan, penghargaan, hukuman, atau rasa takut dapat mengganggu usaha dilakukan si kecil.

Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak usia 3 – 5 Tahun
ANAK USIA 3 TAHUN

  1. menggambar mengikuti bentuk
  2. menarik garis vertikal, menjiplak bentuk lingkaran
  3. menggunting zig zag, melengkung, membentuk dengan lilin
  4. menyelesaikan pasel (Puzzle) 4 keping
ANAK USIA 5 TAHUN
  1. melipat
  2. menggunting sesuai pola
  3. menyusun mainan konstruksi  bangunan
  4. mewarnai lebih rapi tidak keluar garis
  5. meniru tulisan
Bagaimana Bila Anak Mengalami Keterlambatan Motorik Halus ?

Bila mengalami keterlambatan atau kemampuannya tidak sesuai tahapan usianya maka orangtua tidak perlu cemas. Selama bukan yang terlalu ekstrim ketertinggalannya intervensi dan stimulasi gerakan motorik sejak dini sangat penting dan membantu mengoptimalkan kemampuan motorik halus bayi
    Bila keterlambatan tersbut dirasakan cukup berat atau tidak ringan tidak ada salahnya melakukan konsultasio dengan dokter anak anda , untuk memastkan apakah keterlambatan tersebut perlu dilakukan terapi atau intervensi.

Sumber: childrengrowup.wordpress.com

By na-ra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi kolom komentar Anda dibawah

Kata Pak Mario Teguh

Kata Pak Mario Teguh